Mencontohi Mengelola Uang dari Miliarder Bill Gates

  • Whatsapp

GratisBaca.com – Siapa tak kenal Bill Gates. Dia merupakan seorang yang jenius. Prestasinya yang gemilang membuat Gates akhirnya bisa mendirikan Microsoft dan menjadi miliarder dunia.

Padahal, dia sempat putus kuliah pada usia 19 tahun. Putusnya kuliah tersebut tidak membuat semangat Bill Gates surut.

Dia justru berpikir untuk membuat sebuah perangkat seperti komputer yang pasti akan menjadi kebutuhan banyak orang.

Saat beberapa orang memilih menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dan menghabiskan uang, berbeda dengan Bill Gates. Dia justru terus mengasah diri hingga sukses seperti saat ini.

Melansir laman CNBC, Jumat (8/1/2021), ternyata sejak Microsoft berdiri, Gates bersikeras untuk selalu mencukupi uang yang dia miliki di bank sehingga dia mampu menjaga perusahaannya tersebut agar tetap hidup selama 12 bulan tanpa adanya pendapatan yang masuk. Hal itu membuat Gates selalu merasa berhati-hati untuk menghindari kesalahan.

“Saya harus selalu berhati-hati agar tidak mempekerjakan terlalu banyak orang,” ujarnya dalam wawancara di acara The Ellen DeGeneress Show tahun 2017.

“Saya selalu khawatir karena orang yang bekerja untuk saya terkadang ada yang lebih tua dari saya dan memiliki anak. Saya selalu berpikir, ‘bagaimana jika perusahaan kami tidak dibayar?’, apakah saya dapat memenuhi gaji pegawai?” lanjut Gates.

Jika Anda perhatikan, optimisme dan pesimisme terlihat berdampingan di hampir semua perusahaan dan maupun seseorang yang memiliki karier yang sukses.

Mungkin terlihat brelawanan, tetapi dua hal tersebut sebenarnya saling bekerja sama untuk menjaga keseimbangan.

Gates memahami bahwa seseorang hanya bisa menjadi orang yang optimis dalam jangka panjang jika dia cukup pesimis untuk bertahan dalam jangka pendek.

Cara terbaik untuk bisa diterapkan adalah dengan menghemat seperti orang yang pesimis dan berinvestasi seperti orang yang sangat optimis.

Related posts