Sakit Gigi? Coba Cara ini

  • Whatsapp

Tips dan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

GratisBaca.com – Berbagai cara pengobatan bisa anda lakukan, baik secara medis langsung ke dokter atau mencoba cara – cara tradisional terlebih dahulu. Untuk pengobatan secara tradisional, mungkin anda bisa mencoba resep alami yang cukup terbilang cukup murah namun terbukti ampuh dalam menyembuhkan sakit gigi dengan cepat. Bahkan cara ini sudah pernah saya coba sendiri dan hasilnya sakit gigi langsung sembuh.

Berikut tips cara mengobati sakit gigi alami dengan resep tradisional.

1. Bawang Putih & Bawang Merah

Saya sudah pernah mengalami sakit gigi yang begitu menyiksa hingga efek sampingnya membuat sakit kepala. Saya sudah membeli beberapa obat untuk menyembuhkan sakit gigi, tetapi hasilnya tidak membaik. Setelah ada salah seorang teman yang bilang jika bawang putih dan bawang merah sangat efektif untuk menyembuhkan sakit gigi. Akhirnya saya mencoba dan itu benar – benar bekerja untuk saya.

2. Getah Pohon Jarak

Getah pohon jarak sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi. Bahkan getah jarak sangat dianjurkan oleh orang tua untuk digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara pengobatannya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa daun jarak dan kemudian pilih pada tangkai daunnya. Setelah itu, teteskan pada gigi yang sakit atau berlubang.

3. Air Garam

Obat sakit gigi secara alami dan tradisional yang bisa anda gunakan adalah garam. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan kapas yang telah dibubuhi dengan garam, kemudian dimasukkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Atau Anda juga dapat menggunakan larutan air garam dengan cara membilas mulut dengan air garam tersebut.

4. Daun Teh Hangat

Khasiat teh hangat terbukti dapat menghilangkan bakteri dalam plak dan mengurangi rasa sakit. Caranya, ambil daun teh kering, kemudian didihkan dengan air panas. Setelah itu, saring dan tuanglah air teh tanpa gula ke dalam gelas dan biarkan sejenak hingga menjadi hangat atau tidak terlalu panas. Minumlah teh seperti dan sebagian lagi digunakan untuk berkumur.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan untuk meredakan sakit gigi secara alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara.

Namun, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh sebagai cara mengobati sakit gigi. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Amannya tuangkan dulu dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas, kemudian tempelkan di gigi yang bermasalah. Kompres sampai rasa sakitnya mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan di lokasi gigi yang sakit.

Setelahnya, kumur untuk membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dalam mulut.

6. Kumur Dengan Air Cuka

Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Saran lainnya, jika anda memilki gigi yang berlubang. Sesaat setelah makan atau mengonsumsi makanan ringan lain, segara bersihkan gigi dengan cara berkumur – kumur dengan air putih bersih agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gusi. Hal ini penting sekali karena sebagian besar penyebab sakit gigi adalah adanya sisa – sisa makanan yang menempel di gusi dan lupa dibersihkan

Related posts