Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Sudah Ditemukan

  • Whatsapp

GratisBaca.com – Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ182 telah ditemukan. Adapun, black box berisi data penerbangan yang bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat.

Hadi mengatakan, black box Sriwijaya Air SJ182 ditemukan pada pukul 16.40 WIB. Awalnya, pada pukul 14.00 WIB Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Yudo Margono melaporkan penemuan bagian dari Flight Data Recorder (FDR).

“Pukul 16.40 WIB KASAL melaporkan kembali, FDR sudah ditemukan,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta Internation Container Terminal (JICT), Selasa (12/1/2021).

Seperti yang diketahui, black box terdiri atas 2 bagian, yaitu FDR dan Cockpit Voice Recorder (CVR). Hingga saat ini, bagian yang ditemukan ialah FDR.

Hadi bilang, pihaknya akan terus melakukan pencarian CVR sekaligus mencari potongan badan pesawat dan mengevakuasi jenazah korban insiden ini.

“Kami yakini, karena beacon (underwater locator beacon/ULB) yang ada di CVR ditemukan di sekitar (wilayah) itu maka dengan keyakinan yang tinggi, CVR akan segera ditemukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghaturkan rasa terima kasih atas kerja keras seluruh pihak yang telah membantu pencarian ini. Dirinya bilang akan terus mempercepat pencarian potongan pesawat Sriwijaya Air dan jenazah korban kecelakaan pesawat.

“Kami harap kolaborasi antara Kemenhub, TNI/Polri, Basarnas, KNKT dan seluruh stakeholder ini berjalan baik karena masih ada yang harus dicari. Insya Allah bisa ditemukan,” tandas Menhub.

Related posts