Geologi Sebut 10 Gunung Api di Indonesia Alami Aktivitas Vulkanik

  • Whatsapp

GratisBaca.com – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melansir sebanyak 10 gunung api mengalami aktivitas vulkanik di Indonesia. Jumlah itu merupakan data terakhir yang dicatat sampai dengan bulan Desember 2020.

Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono, dari jumlah gunung api yang tengah beraktivitas vulkanik adalah tiga gunung api mengeluarkan awan panas dan lava yaitu Sinabung, Merapi dan Semeru. Tiga gunung api lainnya kata Eko, hanya mengeluarkan lava yaitu Soputan, Karangetang dan Gunung Api Ibu.

Eko mengatakan gunung api lainnya yang tengah mengalami aktivitas vulkanik dengan erupsi eksplosif yaitu Gunung Anak Krakatau, Dukono, Kerinci dan Raung.

“Kemudian dari sisi tingkat level dari gunung apinya, saat ini ada di Level III atau Siaga ada empat gunung api. Kemudian di Level II atau Waspada ada 16 gunung api dan Level I atau normal ada 48 gunung api. Sedangkan untuk yang Level IV atau Awas ini belum ada,” ujar Eko dalam keterangannya dari Kantor Badan Geologi Kementerian ESDM, Bandung, Rabu, 20 Januari 2021.

Sementara Berdasarkan data dari situs resmi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, gunung api di Level III atau Siaga antara lain Gunung Merapi, Ili Lewotolok, Sinabung, Karangetang.

Untuk gunung api Level II atau Waspada yaitu Gunung Agung, Soputan, Banda Api, Bromo, Rinjani, Lokon, Gamalama, Sangeangapi, Rokatenda, Ibu, Gamkonora, Semeru, Anak Krakatau, Marapi, Dukono dan Kerinci.

Related posts