Gunung Merapi, Semeru, Sinabung Erupsi Bersamaan, Fenomena Apa?

  • Whatsapp

GratisBaca.com – Tiga gunung api di Indonesia mengalami erupsi dalam sehari, tepatnya pada Minggu dini hari, 17 Januari 2021. Peristiwa itu tercatat dalam situs Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Tiga gunung yang meletus yakni Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Semeru di Lumajang-Malang, Jawa Timur dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Ketiganya dilaporkan erupsi mulai pukul 00.00-06.00 WIB, Minggu 17 Januari 2021.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat hasil pengamatan Gunung Merapi pada Minggu 17 Januari 2021, pukul 00.00-06.00 WIB. Selama enam jam pengamatan, terpantau adanya guguran lava pijar sebanyak 36 kali.

Erupsi juga terjadi pada Gunung Semeru. Berdasarkan laporan pengamatan Badan Geologi PVMBG Kementerian ESDM di periode yang sama, terdengar 3 kali letusan atau gemuruh.

Sementara di Sinabung, terjadi erupsi pada hari yang sama pukul 01.26 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 124 detik.

Kabar ini langsung mengusik, karena ketiga gunung tersebut memang dikenal suka ‘batuk-batuk’, namun baru kali ini kompak bersamaan. Analisa serampangan dari warganet pun menyebutkan peristiwa ini awal dari bencana yang lebih besar karena gunung itu dianggap terhubung saat erupsi.

Namun, Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, menampik semua kemungkinan itu. Dia mengatakan, ketiga gunung yang erupsi berbarengan itu tak meninggalkan ancaman atau kengerian. Itu hal yang biasa terjadi.

“Itu secara kebetulan saja, tidak saling memengaruhi. Karena gunung itu saling mempunyai kantong magma masing-masing, jadi kalau sudah penuh dierupsikan, kalau belum ya belum, kan gitu. Jadi intinya tidak saling memengaruhi,” ujar Kasbani

Related posts