Hati-Hati! Penipuan bermodus Endorse

  • Whatsapp

GratisBaca.com – Beberapa bulan belakangan ini marak kasus permintaan foto dengan berbagai modus melalui sosial media. Salah satunya dialami oleh rekan netter dengan akun @aphrochild. Modus yang digunakan adalah pelaku menyamar menjadi butik online dan menawarkan endorsement gaun pada korban.

Pelaku menghubungi korban melalui pesan Instagram untuk tawaran kerja sama tersebut. Pelaku memberi iming-iming imbalan sebesar Rp 700 ribu dan gaun yang diberikan secara gratis. Jika ada pembatalan dari salah satu pihak maka akan dikenakan denda sebesar Rp 50 ribu.

Mulanya tawaran ini terlihat meyakinkan karena memiliki prosedur yang sistematis. Pelaku juga menanyakan ukuran baju seakan menyesuaikan gaun yang akan di-endorse. Namun, selanjutnya pelaku meminta foto tubuh korban menggunakan pakaian yang minim yang membuat korban mulai merasa tak nyaman. Korban sempat bingung mengapa ukuran gaun tidak disesuaikan menggunakan tinggi dan berat badan saja.

Pelaku kemudian membuat akun palsu karena korban menolak menuruti permintaan foto tersebut. Pelaku meninggalkan komentar di akun resmi kampus tempat korban kuliah dan mengatakan bahwa korban adalah penipu.

Rupanya, yang dialami oleh teman pencuit bukan yang pertama kali terjadi. Sudah banyak rekam jejak pelaku berinisial JR yang menggunakan modus endorse untuk meminta foto seksi para wanita. Sebagian besar korban yang sudah curiga memilih untuk membatalkan “perjanjian” kerja sama palsu tersebut dan menransfer uang denda sebesar Rp 50 ribu.

Tetapi, ada beberapa korban yang sudah sampai pada tahap pemerasan atau blackmail oleh pelaku. Foto korban diunggah melalui akun palsu pelaku dan pelaku akan meminta imbalan uang untuk menghapus foto korban. Warganet turut membagikan pengalaman serupa dan mengecam perbuatan pelaku.

Related posts